Rabu, 13 November 2013

Asyiknya Ujian Lisan

Ehem semuaaaa. Selamat datang dan masih berjumpa sama gue. Di blog gue tentunnya. Dan kali ini judulnya asik kok. Nggak sedih-sedih amat dan nggak galau banget-banget. Yang penting kita gurih-gurih-gurih~

Kenapa judul artikelnya gitu, karena tadi siang gue ngalamin ujian di salah satu mata kuliah yang dosennya hobi bilang "biasanya" dan temen-temen gue sering nambahin dengan lagu dangdut semacam kaya gini. Biasanya tak pake minyak wangi. Udahlah skip~

Gue sampe kudu belajar dari 2hari pagi-siang-malem udah komat-kamit dan ngebayangin betapa groginya ngomong secara lisan didepan anak-anak kelas. Biasalah mereka emang sering memperlucu mukannya sehingga yang di depan keliatan banget bego bahkan salting. Tapi setelah ngue masuk kelas karena gue absen nomer 23. Kloter kedua, diantara anak-anak yang berabsen dari 1-10 yang diharuskan berjumalah sepuluh masuk ke kelas. Disana udah ada kursi yang berjejer rapi dan dosen udah mulai nyuruh diduduk dipantengi deh leptop di depannya. Gue sempet gerogi. Bakalan ada apa ini. Apakah gue berhasil melewati tantangan ini. Dan nyatanya....

Hlo? kok berhenti EM.?

Iya maaf, tadi abis ngambilin minum buat nyokap, sekalian nemenin makan beliau. Dan nyatanya yang gue rasa di kursi panas itu. Beneran nggak disuruh maju di depan buat cerita, apalagi menghapal 131halaman tentang SBM. Serius deh beneran, gue langsung menghapus semua angan buruk tentang ujian lisan.

Yang gue rasain saat itu adalah, ujian lisan nyenengin. Dimana lo cuman ditanyain satu persatu secara tiba-tiba (untungnya gue nggak yang pertaman) dan tinggal jawab pertanyaan dari dosen. Dan soalnya semua cuman make nalar dan cara gimana sih penerapan dari materi yang pernah kamu pelajari. Hasilnya gue bisa ngelakuin dan ngelewatinnya. Tanpa sedikitpun niruin omongan Wendy YKS yang AWE-AWE-A-W-E :D
Sampai pada akhirnya gue berkesimpulan UJIAN LISAN ENAK! gurih-gurih-gurih~

UDAH CUMAN ITU DOANG??

Tenang-tenang santai ah, masih banyak selembar tulisan kok. Dan itu tadi cuman intermezo doang. Nah yang bakalan gue tulis di judul kali ini tepatnya di blog gue adalah (baca: lihat judul) Gue bakalan menguraikan beberapa hal yang sangat sederhana dari ujian lisan ini.

1. HEMAT PULPEN.

Dari kedengarannya agak sedikit pelit tapi niscaya. Bayangin seminggu nyempil dua hari dikit, pulpen yang seharusnya bisa mampu buat satu bulan. Bakalan habis dalam seminggu nyempil dua hari itu juga. Karena apa? hayo karena apa?. Karena tiap ujian tertulis, hal yang paling nyenengin adlaah orat-oret hal yang nggak penting di kertas soal. Dan berusaha buat nulis jawabannya sebanyak-banyaknya. Tepatnya sih menuhin lembar jawaban. Biar dapet bonus nilai upah hasil nulis gitu deh~ meskipun jawabannya kurang masuk akal.

2. NGGAK USAH NYIAPIN CONTEKAN

Nah ini anak muda banget. Dan kalo nggak nulis contekan di kertas kecil. Kurang afdol rasanya kalo dibilang ini jamannya lagu ujian. Buset, syukur dosennya hobi diem di kelas dan nggak mondar-mandir. Kalo dosennya hobi jalan-jalan di kelas. Mampus itu kertas langsung di sobek. Dan siap-siap aja dapet nilai A (ambil tahun depan). Karena buat apa gitu hlo nyiapin make kertas contekan. Orang kita ujian lisan. 

3. ENERGI TETEP STRONG

Kenapa bisa energi tetep strong. Karena nggak usah nulis banyak-banyak di kertas jawaban sampe tangan cantengan. Nah hlo buat apa kalo nulis orang kita tinggal komat-kamit ngomong yang kita bisa didepan dosennya kok. Jadi selain hemat waktu juga tetep hemat energi. Maklumlah nggak pernah naik lift, seringnya #AyokNaikTangga. Jadi kudu jaga diri dan kondisi biar fit.

4. KEPALA NGGAK AKAN PEGEL

Haha, ini hal lyang lucu. Salah satu temen gue tiap ujian itu pasti selalu ngeluh kepalanya pegel sebelah. Terus gue tanyain, emang kenapa. Jawabnya simpel, tadi jawabannya sebelah. Tulisanya kecil-kecil mana kaya ceker ayam. Jadinya gue kudu noleh dia mulu. Nah hlo, kalo kita udah kenal ujian lisan nggak bakalan yang namanya tengeng atau yang namannya kepala pegel.

5. JADI RAJIN BACA

Hal yang dai awlanya kita bakalan mikir buruk ternyata bisa bikin menarik. Dan ngerubah cara pola belajar kita. Yang semula males, jadi rajin baca. Dan itulah keuntungan dari ujian lisan.

Gue percaya kok, kalian bakalan seneng dengan adannya ujian lisan. Enakan ujian lisan. Ngebikin lo berani buat ngomong yang ada di otak lo, tanpa harus nulis. Nanti kalo salah tipe-ex atau di hapus. Buang waktu :) sekian dari artikel gue. Semoga bermanfaat. Yang lagi ujian semangat ya. Soalnya gue juga hehe. Gue fridanesia, pamit :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar